Kamis, 10 November 2016

Jalur Pendakian Gunung Merbabu via Suwanting

Gang pendakian Suwanting yaitu gang baru dalam pendakian Gunung Merbabu. Gunung Merbabu mempunyai banyak jalan pendakian antara lain gang Selo bermula Magelang/Boyolali, jalan Kopeng permulaan Salatiga, gang Wekas asal Magelang, terus Suwanting semenjak Magelang. Gang Selo yaitu jalan bersama pemandangan paling indah menurut para pendaki. Akan tetapi dengan dibukanya jalan baru kaum di bln Maret 2015 yaitu jalan Suwanting, yg letaknya tidak jauh mulai sejak Selo, sehingga menambah satu & jalur pendakian yg paling jelita di gunung Merbabu.

Berdasarkan narasi setempat, koridor Suwanting ini Pernah dibuka pada thn 1990 terkabul tahun 1998. Pasca 1998 itulah lorong tercatat ditutup. Berulang di pertengahan Maret 2015 koridor ini dibuka berulang.

Jalan pendakian gunung Merbabu via Suwanting terletak di dusun Suwanting, desa Banyuroto, Kecamatan Sawangan, Kab Magelang. Lokasinya sebanyak 4 kilo meter alamat gardu pandang Ketep.

PETA MENUJU SUWANTING
yogyakarta-suwanting gang baru merbabu

peta muntilan magelang ke gang merbabu suwanting

Akses untuk menuju Dusun Suwanting tidaklah sulit. Malahan saat ini sudah didukung dengan tehnologi GPS di gadget atau handphone pintar yg seputar jalma punya. Permulaan arah Jakarta atau jawa timur apabila melalui koridor Yogyakarta. Awal djogja menuju Kab Muntilan lalu menuju Ketep. Akomodasinya semula sangat mudah. Mulai sejak Yogyakarta Dapat memakai moda transportasi bus. Yang terpenting seandainya bingung maka tanyalah ke wong. Serta jangan sembrono pakai handphone pintar kamu.

BASECAMP SUWANTING cantik
basecamp suwanting laksmi By @rayadventure
(kredit: instagram By @rayadventure)

ticket masuk rupiah 3000 per orang. Tarif parkir inap rp 5000/motor, 20.000/mobil. Di basecamp Suwanting cendayam sebanyak pendaki Dapat beristirahat, menginap tengah Bisa beli makan.

PETA jalan PENDAKIAN SUWANTING
PETA jalan PENDAKIAN MERBABU VIA SUWANTING

menganjuri PENDAKIAN
Basecamp Suwanting – Pos 1 (30 menit)
Perjalanan awal Pasca menginjakinjak basecamp andaakan mengecewakan setengah rumah warga setelah itu Setelah keluar permulaan perumahan lalu melintasi proses bersama pemandangan kanan kiri ladang warga. Ladang real tanaman pegunungan. Suasana sangat sejuk lagi trek cenderung datar agak menanjak sejumput. Perjalanan awal basecamp menuju Pos 1 saja 30 menit – 45 menit. Sebelum termakbul Pos 1 kita bertemu bersama hutan pinus (penuh dengan pohon pinus rapat).

Pos 1 – Pos 2 (1,5 jam)
Pasca membiarkan Pos 1 berulang hutan pinus kemudian kita menjumpai trek yg lebih berat asal pada awal mulanya. Jalur didominasi bersama vegetasi rimbun berulang tanjakkan. Dari Pos 2 menuju Pos 3 melahap waktu separo 90 menit (1,5 jam).

Pos 2 – Pos 3 (2 jam)
Di Pos 2 inilah lumrah sebagian pendaki untuk menurunkan tenda alias ngecamp. Di pos ini semula  kaliandapat menyaksikan pemandangan gunung Merapi. Perjalanan dilanjutkan menuju Pos 3 membutuhkan saat kaum 2 jam. Trek jauh lebih sulit asal pada awal mulanya. Sebelum diterima di Pos 3 kita akan menjumpai sumber air yg bernama “Sendang Dampo Awang”.

Pos 3 – Puncak Keteng Songo (1,5 jam)
Di Pos 3 ini serta juga Menjadi ruang favorit untuk ngecamp. Dari Pos 3 ini kelihatan pemandangan yang teramat menawan merupakan gunung Sindoro-Sumbing, Merapi kembali seluruh gunung lain kelihatan sayup-sayup. Perjalanan menuju ke puncak Keteng Songo atau Triangulasi  kalianakan melewati separo bukit dengan tumbuhan rumput yang rimbun. Perbukitan termuat dinamakan dengan “sabana”. Dari Pos 3 menuju puncak andaakan melewati sabana 1, sabana 2, kembali sabana 3. Sabana via gang Suwanting serupa cantiknya dengan gang via Selo. Hanya 1,5 jam saja untuk summit attack mulai sejak Pos 3.

Bila ditotal maka Dapat andakalkulasikan:
Basecamp Suwanting – Pos 1 (30 menit)
Pos 1 – Pos 2 (1,5 jam)
Pos 2 – Pos 3 (2 jam)
Pos 3 – Puncak Keteng Songo (1,5 jam)
keseluruhan = 5 jam 30 menit perjalanan naik – 7jam
Perjalanan turun segenap 4-5 jam.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar